Pemkab Sekadau, Kalbar Perkuat Pengelolaan Pengaduan Publik Melalui SP4N-LAPOR

Sebarkan:

Rakor Penguatan Pengelolaan Pengaduan LAPOR melalui SP4N, di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kamis (21/11/2024)./Suara Kalbar
Sekadau, Kalbar (Suara Nusantara) – Pemerintah Kabupaten Sekadau terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik dengan menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Pengelolaan Pengaduan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Acara ini berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kamis (21/11/2024).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sekadau, Hartono, menyampaikan bahwa rapat ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

“Kegiatan ini bertujuan memperkuat tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel, serta mendukung pelayanan publik yang terbuka, cepat, murah, mudah, dan setara. Ini adalah komitmen kami untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam pengelolaan pengaduan,” ujar Hartono.

Dukungan untuk Kompetensi Pengelolaan Sistem

Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum, Sapto Utomo, turut memberikan apresiasi terhadap kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika dalam menginisiasi kegiatan ini. Ia berharap pengelolaan SP4N-LAPOR semakin optimal melalui peningkatan kompetensi sumber daya manusia di lingkup pemerintahan.

“Harapan saya adalah seluruh pihak di organisasi ini dapat terus meningkatkan kemampuan mereka untuk mendukung pengelolaan sistem pengaduan ini,” ujar Sapto.

Mendorong Keterbukaan dan Peningkatan Layanan

SP4N-LAPOR adalah sistem pengaduan berbasis digital yang mempermudah masyarakat untuk menyampaikan keluhan atau aspirasi terkait pelayanan publik. Sistem ini tidak hanya mempercepat respons pemerintah terhadap pengaduan masyarakat, tetapi juga menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan.

Dengan sistem ini, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam mengawasi dan memberikan masukan terhadap pelayanan publik di Kabupaten Sekadau. Pemerintah daerah juga diharapkan semakin terbuka dan responsif terhadap kebutuhan warga.

Komitmen Pemkab Sekadau

Rapat koordinasi ini menegaskan komitmen Pemkab Sekadau dalam menciptakan pemerintahan yang transparan, inovatif, dan berorientasi pada pelayanan publik. Dengan penguatan sistem SP4N-LAPOR, diharapkan hubungan antara pemerintah dan masyarakat akan semakin baik, sehingga mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih profesional.

Semangat keterbukaan dan pelayanan publik yang prima diharapkan menjadi landasan kuat bagi Kabupaten Sekadau dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. [SK]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini