Pj Bupati Sanggau Resmi Membuka Faradje’ Pesaka Negeri ke XVI

Sebarkan:

Pj Bupati Sanggau memukul gong tanda dimulainya Festival Faradje Pesaka Negeri ke XVI di Halaman Keraton Surya Negara Sanggau, Rabu (18/9/2024)./Suara Kalbar
Sanggau, Kalbar (Suara Nusantara) - Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman membuka festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri ke-XVI dengan tema ‘Melayu Beradat, Sanggau Bermartabat, Negeri Bertuah’ di Halaman Keraton Surya Negara Sanggau, Rabu (18/9/2024).

Pj Bupati Sanggau Suherman dalam sambutannya mengatakan Festival Budaya Faradje’merupakan salah Satu Even Budaya yang ada di Kabupaten Sanggau, merupakan representasi dari komitmen Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sanggau untuk melestarikan dan merayakan kekayaan budaya melayu yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas Kabupaten Sanggau.

“Ditengah perkembangan zaman yang begitu cepat serta tuntutan pembangunan nasional yang terus berubah, Festival Budaya Faradje’ hadir sebagai jawaban atas tantangan tersebut. Festival ini menggabungkan berbagai aspek Budaya, mulai dari ritual adat Istana, perlombaan seni budaya, Olahraga tradisional, hiburan rakyat, hingga pasar Rakyat,”katanya.

Pemerintah Daerah berharap agar Festival Budaya Faradje’ dapat menjadi wadah untuk melestarikan, mempromosikan, dan memperkenalkan kekayaan budaya melayu kepada masyarakat, terutama generasi muda, dapat meningkatkan rasa bangga terhadap warisan budaya dan tradisi melayu, mampu menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan dapat menjadi daya tarik wisata yang berkelanjutan serta meningkatkan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata.

“Kegiatan ini juga mendukung ekonomi lokal, dengan mendorong pengrajin, seniman, dan pelaku usaha kecil menengah untuk mempromosikan produk mereka dan menjadi ajang untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Sanggau dengan multi-etnis, termasuk suku dayak dan melayu serta suku nusantara lainnya, melalui festival Faradje ini sebagai ajang untuk memperkuat persatuan dan kerukunan antar kelompok etnis yang ada di Kabupaten Sanggau,” jelasnya.

Festival Budaya Faradje’ ini juga memiliki manfaat penting untuk mendorong generasi muda agar bertindak positif dan berakar pada kekuatan budaya sendiri.

“Sehingga generasi muda dapat terhindar dari pengaruh negatif yang sering kali menyertai kebebasan informasi di era digital ini,”paparnya.

Sementara itu Ketua Panitia Shopiar Juliansyah mengucapkan rasa syukur, rasa bangga dan bahagia, kami menyambut kehadiran para tamu undangan dalam kegiatan Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri XVI tahun 2024 ini yang akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 21 September 2024, berpusat di kawasan bersejarah Istana Surya Negara Sanggau dan sekitarnya.

“Dengan tema ‘Melayu Beradat, Sanggau Bermartabat, Negeri Bertuah’ Festival Faradje ini telah dirancang dengan penuh perhatian, dengan harapan dapat mempererat tali persaudaraan di antara kita semua dan memperkenalkan serta melestarikan kebudayaan melayu yang kaya,”ujarnya.

Adapun rangkaian acara yang akan kita laksanakan meliputi Ritual Adat Istana, Pawai atau Paradje’ Pesaka Negeri, Seremonial Pembukaan, Perlombaan Olahraga Tradisional seperti Tangkai Seluma’ Perawu, Tangkai Pangkak Gasing dan Panah Tradisional yang tidak hanya menghibur tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan kebanggaan terhadap warisan olahraga yang telah ada sejak dulu.

“Untuk perlombaan Seni Budaya seperti Tangkai Pawai Faradje’, Tangkai Rodat Hadrah, Tangkai Jepin Kreasi, Tangkai Dendang Melayu, dan akan ada juga Hiburan Rakyat juga Pameran serta Pasar Rakyat,” jelasnya.

Festival ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga merupakan cermin dari persatuan dan kekeluargaan yang harus di junjung tinggi. kami berharap bahwa melalui festival ini, dapat mendorong generasi muda untuk lebih mencintai dan menghargai budayanya, serta menjalin hubungan yang lebih erat antar anggota masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan mendukung terselenggaranya festival ini. semoga kehadiran bapak ibu serta partisipasi aktif dalam acara ini mempererat tali persaudaraan dan membawa kebahagiaan serta kesejahteraan bagi kita semua,” kata Shopiar. [SK]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini