Pemerintah Kabupaten Sekadau Berikan Apresiasi PSHT

Sebarkan:

Asisten II Setda Sekadau Sandae saat hadiri acara syukuran PSHT Cabang Sekadau, Sabtu (20/7/2024) malam. SUARANUSANTARA.CO.ID/ist
Sekadau (Suara Nusantara) - Mewakili Bupati Sekadau, Asisten II Setda Sekadau, Sandae menghadiri acara syukuran Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Sekadau Pusat Madiun atas hadirnya 60 anggota baru tingkat 1 yang berlangsung di aula SMK Negeri I pada Sabtu (20/7/2024) malam. 

Dalam sambutannya, Sandae menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sekadau menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh PSHT. 

"PSHT adalah organisasi pencak silat terbesar yang ada di Kabupaten Sekadau. Silat tidak hanya permainan semata, tapi mata batin juga berfungsi untuk menghindari serangan lawan saat bertanding,” ujar Sandae.

Ia juga mengungkapkan bahwa pencak silat memiliki peran penting dalam sejarah, terutama sebelum kemerdekaan, di mana seni bela diri ini membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sandae berharap, ke depannya PSHT bisa berkontribusi lebih banyak dalam pembangunan Kabupaten Sekadau dengan keahliannya masing-masing. 

"Sebagai cabang olahraga, beberapa tahun lalu, silat pernah mengharumkan nama Kabupaten Sekadau di ajang Popda tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Selamat kepada warga baru PSHT yang telah memperkuat PSHT di Kabupaten Sekadau," tambahnya.

Ketua PSHT Cabang Sekadau, Winarto, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. Ia menjelaskan bahwa calon warga baru PSHT telah mengikuti pelatihan selama 1-2 tahun sebelum dikukuhkan. 

"Bagi warga PSHT yang baru mengikuti pengesahan, agar mengikuti kegiatan ini dengan hati yang luhur. Selain itu, seluruh warga PSHT juga wajib menjaga nama baik dan kehormatan PSHT di manapun berada," kata Winarto.

Winarto juga memberikan apresiasi kepada para pelatih PSHT atas dedikasinya dalam melatih warga PSHT. 

"Sebagai warga PSHT, kita tidak ada istilah pensiun, kita terus berbakti sampai akhir hayat menjemput," tegasnya.

Acara syukuran ini menjadi momen penting bagi PSHT Cabang Sekadau untuk memperkuat persaudaraan dan komitmen dalam melestarikan budaya pencak silat di Kabupaten Sekadau. [baim/r]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini