Bupati Sekadau Launching Peningkatan Jalan Kabupaten Ruas Rirang Jati - Nanga Kiungkang

Sebarkan:

Bupati Sekadau Aron foto bersama usai acara launching peningkatan jalan Rirang Jati -Nanga Kiungkang. SUARANUSANTARA.CO.ID/Ist
Sekadau (Suara Nusantara) – Bupati Sekadau, Aron, secara resmi melaunching ayau meluncurkan proyek peningkatan jalan kabupaten pada ruas jalan Rirang Jati - Nanga Kiungkang. Acara ini berlangsung di jalan lintas Rawak - Nanga Taman pada hari Jumat (19/7/2024).  

Dalam sambutannya, Bupati Aron mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa atas dimulainya pelaksanaan proyek yang telah lama diimpikan oleh masyarakat.

"Ini merupakan sejarah bagi masyarakat di mana jalan Rirang Jati - Nanga Kiungkang akan diaspal, serta akan dibangun jembatan yang dianggarkan dari dana BNPB. Proposal yang disampaikan oleh Pemkab telah disetujui oleh Kementerian Keuangan, meskipun prosesnya memakan waktu cukup lama," ungkap Aron.

Aron juga menegaskan bahwa selain proyek ini, ada beberapa jembatan lain seperti jembatan Setugal dan Nanga Mahap yang juga diusulkan melalui BNPB. 

"Ini adalah hasil perjuangan Pemkab dan Dinas PUPR Kabupaten Sekadau. Tanpa persatuan, Sekadau tidak akan seperti sekarang," tambahnya.

Bupati Aron menjelaskan bahwa hampir setiap minggu, para kepala desa berkoordinasi terkait pembangunan. Harapan mereka adalah semua pembangunan dapat dialokasikan, namun prioritas diberikan kepada tempat yang lebih mendesak. Selain itu, Pemkab juga fokus pada pembangunan Jembatan Koman yang aksesnya masih belum ada, serta menyelesaikan jalan Pemda yang belum tuntas. Karena pembangunan jalan dan jembatan memerlukan anggaran yang besar, solusinya dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan APBD.

"Mimpi kita bersama adalah Kabupaten Sekadau semakin maju dan berkembang setiap tahunnya," ujarnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023, total penerimaan Pemkab dari Dana Bagi Hasil (DBH) sawit sebesar Rp. 37 miliar, dan 80 persennya digunakan untuk peningkatan jalan di Kabupaten Sekadau. Peningkatan jalan ini dibagi menjadi 7 paket pekerjaan, salah satunya adalah Jalan Rirang Jati - Nanga Kiungkang sepanjang 4 kilometer. Namun, pada tahap ini, hanya 1,1 kilometer yang diaspal dengan anggaran sebesar Rp. 4,3 miliar. Proyek ini dikerjakan oleh CV. Tunas Mandiri, dengan harapan kontraktor dapat bekerja dengan baik dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Dengan adanya proyek peningkatan jalan ini, diharapkan akses transportasi dan perekonomian masyarakat Sekadau dapat semakin meningkat. [baim/r]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini